I write about values, jalan-jalan, anak-anak, fun learning and so on.

Senin, 26 Desember 2016

Pindang Bandeng (Presto) Serani

Hari ini bingung mau masak apa, akhirnya aku keluarin stock ikan yang aku beli di Ancol Sabtu lalu. Aku beli langsung dari nelayan di kapal-kapal yang berhenti di dermaga pantai. Ikan-ikan segar di sana selalu bikin aku kalap untuk belanja. Biarpun harganya ga beda jauh dengan harga di pasar, tapi ikan di Ancol ini langsung dijual oleh nelayan yang baru pulang melaut.

Bandeng... ikan yang uenak tapi durinya sangat mengganggu.
Bandeng... oh bandeng... seandainya kau ikan yang tak berduri...
Favorit di rumahku adalah bandeng yang dimasak pindang serani. Tapi supaya ga repot pilihin duri-duri ikan ini, biasanya aku bikin empuk dulu tulang belulang si bandeng dengan cara dipresto.

Yuk langsung aja kita eksekusi si bandeng.

Bahan:

2 ekor bandeng
2 asam jawa seukuran jempol tangan
15 bawang merah
5 cabe keriting
10 cabe rawit merah
2 bh kunyit
1 iris lengkuas
6 tomat ijo belah empat
4 belimbing wuluh (kalau ada)
2 batang sereh
3 lembar daun salam
Garam secukupnya
Gula merah lumayan banyak sampe kuahnya coklat

Cara masak :

Pertama, bakar bawang merah sekulit-kulitnya, cabe keriting segagangnya, kunyit dengan kulitnya dan asam jawa. Biasa aku bakar dengan cara ditaro di atas kuali tanpa minyak, dibolak balik sampe agak gosong.

Setelah dipanggang, kupas kulit bawang merah, biarkan bulat-bulat. Kupas kulit kunyit lalu iris tipis. Lalu sisihkan bawang merah, cabe keriting dan asam yang sudah dibakar.

Masukkan potongan ikan bandeng, kunyit, daun salam, lengkuas, sereh dan garam ke dalam panci presto dan masak selama dua jam.

Setelah selesai presto, nyalakan lagi kompor dan masukkan bawang merah, asam dan cabe keriting yang sudah dibakar dan jangan lupa masukkan gula merah yang sudah dicairkan terlebih dahulu.
Cicipi sampe rasa asam, manis dan asin pas di lidah.
Terakhir, kalau rasa sudah oke, masukkan tomat hijau, belimbing wuluh dan rawit merah. Oyah, rawitnya biarin aja bulet-bulet berenang di kuah. Rawit ini bisa digerus khusus untuk para penggemar pedas... hmmm.... sedaaap.

Sebenernya pindang bandeng ini lebih enak kalau ga langsung dimakan setelah matang. Biarkan dulu bumbunya meresap beberapa jam, maka rasanya akan lebih merasuk di lidah.

Jangan lupa, pindang bandeng ini enak banget kalo makannya ditemenin ama emping. Jadi rasanya asem, asin, manis plus kriuk-kriuk emping.

Yuuuk silaken dicoba....

Oyah, buat yang pengen makan pindang bandeng ini tapi males masaknya, bisa juga beli di Lumba-Lumba yang di Kota Tua Jakarta. Aku sudah pernah coba pindang serani di sana, enak mirip aslinya.



4 komentar:

  1. aku paling suka nih karena sejak kecil suka dibikinin mamaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih masakan nostalgia dong yah sis Tira.
      Sama, dulu di jawa ini makanan sejak aku masih kecil. Pas dapet suami orang betawi, ternyata ini masakan masa kecilnya juga.

      Hapus
  2. Aaah liatnya jadi laper...Patut dicoba ini resep..makasih ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, mariii dicoba. Tar kalo udah mateng jangan lupa bagi icip2 ya maaak hihihi.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.

© Elzoria Story, AllRightsReserved.

Blogger theme by Safetricks.com Designed by ScreenWritersArena