I write about values, jalan-jalan, anak-anak, fun learning and so on.

Rabu, 28 Desember 2016

Anakku Sembuh dari Sakit Maag

Semangat moms ! Hati yang gembira adalah obat yang manjur. Senyummu bikin happy anak yang sedang sakit.

Sedihnya waktu melihat anak sakit, apalagi di saat dia mengerang menahan sakitnya sambil meringkuk memegang perutnya. Ga ada yang bisa aku lakuin selain usap-usap punggungnya, pijitin kakinya dan tawarin dia minum air hangat.
Sedih, takut, kuatir, panik semua campur jadi satu dan cuma berani nangis dalam hati karena aku ga mau Zo jadi makin sedih liat mamanya nangis.

Yang paling sering rasa sakit itu datang di malam hari, saat dia mau bobo. Aku cuma bisa berteriak dalam hati minta pertolongan Tuhan... ajak Zo berdoa bareng minta kesembuhan.

Sebenernya sejak  dulu, Zo beberapa kali suka bilang mual ato kadang perutnya perih, tapi setelah dikasi makan atau digosokin minyak, perutnya pulih lagi. Aku pikir, ah ini cuma masuk angin biasa, ntar juga sembuh sendiri.

Tapi sejak April lalu, mendadak dia sakit perut sepanjang hari. Dia bilang perutnya perih di sekitar udelnya.... Sakitnya cukup mengganggu dan sampe bikin dia nangis. Berbagai cara aku lakuin, dari olesin minyak kayu putih, kasi jahe, kasi madu... masih juga ga mendingan. Oke deh, kita ke dokter anak deket rumah, karena selama ini memang kita jarang sekali ke dokter anak, jadi ga punya dokter langganan.

Dokter pertama bilang ini sakit mag, dan dikasi obat mag. Kalo obat habis dan belum sembuh diminta untuk test darah untuk periksa apakah ada helicobacter pylori di darahnya. Pulang dari dokter, aku berdoa semoga sembuh cukup dengan obat ini.
Tapi ternyata setelah lima hari, sakitnya masih tetep sama. Terpaksa deh kita bawa Zo ke lab. Sebenernya aku ga tega bayangin Zo diambil darahnya. Di perjalanan, aku jelasin ke Zo apa yang akan dia hadapi nanti. Aku ga tunjukkin ke Zo kekuatiranku supaya dia ga jadi ikut takut atau kuatir.

Tapi ternyata dia hadapi jarum suntik dengan gagah berani, dia duduk dan melototin jarum yang nangkring di lengannya dengan santai. Mungkin karena dia relax dan susternya pinter, jadi dia cuma meringis sedikit. Hasilnya... negatif pylori, yeeeayyy.
Lah, kalo pylori negatif, jadi kenapa yah?
Kita balik lagi ke dokter dan dikasi surat rujukan USG abdomen untuk liat rongga perutnya.

Kirain USG abdomen anak seharga kurang lebih sama dengan USG kandungan di RSIA, ternyata biayanya hampir 1 juta.. oooh mahalnya.
Kita ke RS Bunda untuk USG abdomen, semua diliat dari ginjal, usus buntu, hati, dll dan dari situ ketahuan ada penebalan dinding lambung. Kenapa menebal? Karena ada luka yang menyebabkan terjadinya penebalan. Cuma itu penjelasannya...

Nah, berdasar hasil USG maka si dokter kasi obat mag yang lebih keras dan... mahal - Nexium, yang mesti diminum setiap hari. Deg-degan juga sebenernya kasi obat ini ke anak seumur Zo (6th). Oyah, dokter yang lakuin USG ini baik sekali, setelah selesai proses USG Zo, dia panggil Yo untuk di USG juga, dia jelasin ke kita perbandingan bentuk lambung Zo dan Yo. Just fyi, USG nya di YPK Menteng.
Ah tapi aku pikir yang penting dia ga ngerasain sakit dulu deh... rasanya bener-bener ga tau apa yang mesti dilakuin. Liat Zo kesakitan setiap hari bikin aku susah mikir.

Dengan penuh pengharapan aku kasi obat itu ke Zo, sakitnya berkurang sedikiiiiiit sekali. Hmmm aku pikir mungkin butuh proses.
Sehari, dua hari, tiga hari.... aku coba bersabar... sampe akhirnya hari ke 9 ga ada perubahan yang berarti.. Beberapa kali aku telpon ke dokter dan dia selalu bilang, opname ajaaaa infus 7 hari dan ga usah makan apa-apa, pasti cepet sembuh.
What? Opname dan ga makan apa-apa? Hmmm..... pikir-pikir dulu deh.

Akhirnya dalam kebingungan, kita pergi ke dokter spesialis gastrohepatologi anak. Pak dokter yang satu ini kaget juga liat Zo sudah 10 hari minum nexium dan blm ada perbaikan. Dan dia bilang semua test darah dan USG yang sudah kita lakuin itu ga signifikan dan sebenernya ga diperlukan. Waduh... jadi buat apa dong semua itu?
Alasannya karena bertahun2 beliau jadi ahli gastro anak, ga pernah ada yang kena helicobacter pylori. Dan USG itu ga representatif karena cuma bisa liat dari sisi luar doang. Jadi dia minta segera dilakuin endoskopi supaya bisa liat isi lambung dan usus dua belas jari. Glek... endoskopi? Anakku mesti endoskopi? Bayanginnya aja ngeri...
"Berapa Dok?"
"7 juta."
Glek lagi... ngeri kuadrat deh...

Kita coba diskusi ke dokter, apakah ada cara lain? Bisa coba obat yang lain dulu?
Nah untung si dokter baik, dia mau kasi resep obat domperidon dan bilang "coba aja dulu obat ini 2 minggu ya, kalo sembuh ya ga usah endoskopi."
Fiuuuh....

Hari-hari pertama Zo minum domperidon, kondisinya getting better and better. Aaaah... senangnya.... aaaah.... leganya... Terima kasih dokter gastro, terima kasih Tuhan... It's work!

Tapi, di hari-hari ke 10 sampe obat abis... sakit lagi... oooh nooo.... apa lagi nih?

Nah suatu hari, aku ketemu satu ibu cantik, sahabatku yang sudah lamaaaa ga ketemu. Waktu kita asik ngobrol, Zo dateng ke aku dan bilang, perutnya sakit.
Temenku ini dari bertahun-tahun lalu aku kenal dia, dia kena mag akut.... dulu dia bisa pingsan karena sakit mag-nya.
Begitu dia tau Zo sakit mag, dia langsung keluarin 1 sachet kecil, dia bilang itu enzym. Selama ini dia udah ga pernah lagi kumat sakit mag sejak minum enzym ini.
Zo yang udah nahan sakit, langsung nurut waktu dikasi makan enzym.  Cuma dalam waktu 10 menit, Zo minta makan, laper katanya.
Loh... kaget. Tadi barusan dia sakit perut, sekarang dia minta makan dan sakitnya udah ilang.
Ternyata itu juga yang dialami si ibu cantik sahabatku itu saat dia minum enzym tersebut.
Dia dapetin enzym ini dari temannya saat dia lagi kesakitan karena maag dan langsung enakan begitu dia makan satu sachet enzym tersebut.

Besoknya saat ngerasa sakit, Zo minta enzym. "Mama, beli aja dong enzym nya. Perut Zeo jadi enak setelah makan enzym itu kemaren."

Hmm aku langsung cari informasi tentang enzym ini dan segera membelinya. Ternyata enzym yang Zo coba ini menggunakan bahan-bahan herbal, jadi ga ada efek sampingnya.
Bersyukur banget, dengan enzym dan doa yang ga putus2, Zo perlahan mulai sembuh. Frekuensi sakit perutnya makin lama makin jarang dan lama-lama hilang sama sekali.

Saat ini Zo sudah sehat, sudah ga pantang-pantang lagi makannya. Terkadang saya kasi enzym lagi untuk maintain kondisi lambungnya.

Aku tuliskan pengalaman ini, untuk share pengalaman karena aku selama berapa bulan kemaren merasakan betapa bingungnya kalo ngeliat anak sakit dan seneng sekali kalo denger atau baca pengalaman orang lain. Aku jadi merasa ga sendirian dan bisa belajar dari pengalaman moms yang lain saat anaknya ngalamin sakit mag.

Ayo moms, semangat !!!! Tetep tersenyum yah...biarpun hatimu kocar kacir ga karuan (I do really understand).
Hati yang gembira adalah obat yang manjur. Bikin anak happy... Senyummu bisa bikin mereka happy dan merasa aman.
My hug for all of you....



7 komentar:

  1. alhamdulilah akhirnya bisa sembuh ya, aduh kalau anak sakit itu sepertinya kita sendiri yg sakit ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba Tira. Rasa ga berdaya waktu liat dia kesakitan itu ga enak banget.

      Hapus
  2. Proses kesembuhan bisa datang dari mana aja ya, Mbak. Sudah ikhtiar ke beberapa dokter, lalu "kebetulan" ada sahabat lama.
    Sehat-sehat terus, Zo. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dari Zo, Auntie Afifah. Zo sudah bisa tidur nyenyak tiap malam.

      Hapus
  3. Hai MBA Salam kenal saya Renee Anak saya 7 thn juga sakit maag terus. Boleh tahu nama enzym itu Dan beli di mana ya ? Terima kasih Banyak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Renee... aku ngerti perasaanmu Ren, sedih pastinya yaaa.
      Enzym Sun Ancon namanya, dari bahan herbal. Aku sudah bales emailmu ya Ren.

      Hapus
  4. maaf mba klo blh tau beli enzymnya di mana ya? Terima Kasih

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

© Elzoria Story, AllRightsReserved.

Blogger theme by Safetricks.com Designed by ScreenWritersArena